Dandim Depok Serahkan Hasil Karbak Skala Besar ke UI

0 komentar

Karya bhakti skala besar yang dilakukan TNI di Situ Puspa Universitas Indonesia berhasil mengangkat sampah sebanyak 35 ribu kubik beserta endapannya. Hal itu diketahui saat dilakukan penyerahan hasil kerja normalisasi Situ dari TNI kepada Rektor UI di gedung Rektorat UI, Depok, kemarin.

"Sekitar 30 ribu meter kubik sampah yang diangkut TNI dari Situ Puspa. Bukan hanya sampah, tetapi diangkat juga endapannya,"ujar Wakil Direktur Umum dan fasilitas UI, Harun Asyiq Gunawan.
Menurut dia, sampah-sampah itu berasal dari lingkungan warga termasuk dari Pasar yang terbiasa membuang sampahnya ke kali hingga akhirnya menjadi endapan.

"Semua sampah sudah diangkut sehingga Situ Puspa sudah normal kembali menjadi sumber penampungan air."Pemeliharaan Sit u akan terus dilanjutkan secara reguler. Kita sudah siapkan anggaran pemeliharaan dan kontraktornya. Namun jika sudah terjadi penumpukan sampah skala besar, kita akan minta bantuan dari Kodim, Korem, hingga Kodam. Dengan bantuan dari TNI kita bisa menghemat anggaran hingga seratus jutaan,"ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0508/Depok Letkol Inf Santosa menjelaskan, kegiatan pembersihan Situ tidak berhenti hanya sampai disini. Namun dilanjutkan dengan pemeliharaan bekerjasama dengan pihak UI, masyarakat dan komponen lainnya."Pemeliharaannya sudah direncanakan pihak UI, apakah satu bulan sekali atau dua bulan. Yang pasti kita siap membantu UI,"jelas Dandim.

Dandim berharap masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran kali cabang timur tidak lagi membiasakan membuang sampah ke kali hingga berimbas ke Situ Puspa."Karena itu dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk bersama-sama memelihara kebersihan kali dan Situ Puspa UI,"tandas Santosa
Share this article :
 
Support : Creating Website | Deddy Djumhana | Suwandi Sikun
Copyright © 2011. Derap TNI & Polri - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Deddy Djumhana
Proudly powered by Denard Pro Templet