Koramil 04/Bojonggede Perkuat Sinergitas Tiga Pilar

0 komentar

Depok | Derap TNI & Polri

Demi menjaga pertahanan dan keamanan, diperlukan sinergitas tiga pilar yaitu TNI, Kepolisian dan aparat pemerintah. Karena itu TNI berkomitmen mewujudkan tiga pilar sebagai kekuatan mulai dari tingkat desa, hingga kecamatan. Melalu tiga pilar maka segala permasalahan bisa diselesaikan dengan baik sehingga terwujud kondusifitas wilayah.

Sinergitas tiga pilar itu terlihat dalam olahraga bersama antara jajaran Koramil 04/Bojonggede, Polsek Bojonggede, dan aparat kecamatan Bojonggede di halaman kantor Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jum'at (8/1).
Olahraga bersama yang digagas Danramil 04/Bojonggede, Kodim 0508/Depok Kapten Inf Djarmadi itu dihadiri langsung Kapolsek Bojonggede Kompol I Ketut Kopi Asdhita, dan Camat Bojonggede Jajang Dace Hatomi. Dalam kesempatan itu, Danramil mengerahkan seluruh babinsanya guna bersilaturahmi sekaligus bersinergi."Dengan olahraga bersama ini telah terjalin sinergitas demi mewujudkan kondusifitas wilayah. Saya ingatkan kepada Babinsa bahwa TNI sebagai alat Negara tidak bisa melaksanakan tugas  sendirian. Artinya harus bersama-sama dengan komponen yang lain,” ujar Djarmadi.

Dijelaskan, tiga pilar kekuatan desa yakni kepala desa, Babinkamtibmas, dan Babinsa. Kemudian ditingkatkan dengan tiga pilar kekuatan kecamatan antara Camat, Kapolsek, serta Danramil.“Kekuatan tiga pilar harus dibangun dari bawah. Tentu juga harus melibatkan komponen yang lain seperti tokoh agama,tokoh adat, tokoh pemuda, dan lainnya. Kalau kekuatan ini terwujud maka tidak ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan,” ujarnya.

Apabila hal itu dipahami dengan benar, kata Djarmadi, segala persoalan akan bisa dideteksi dan diselesaikan di tingkat bawah. Tiga pilar itu akan mendukung tiga pilar lain di tingkat kecamatan dan kabupaten. Tiga pilar itu  tidak bisa dibangun dari atas, melainkan harus dari bawah.
Terkait kegiatan olahraga bersama, lanjut dia, merupakan salah satu bentuk silaturahmi agar diantara jajaran tiga pilar saling mengenal dan saling bertegur sapa."Selain saling mengenal, kita juga menjadi sehat dan bugar,"tutur Danramil.

kapolsek Bojonggede Kompol I Ketut Kopi Asdhita menyambut positif kegiatan olahraga bersama tiga pilar yang dicetuskan Danramil. Ia menilai kegiatan ini sangat bermanfaat untuk saling bersinergi dengan instansi terkait sehingga sangat membantu dalam tugas kepolisian."Olah raga bersama ini gunameningkatkan sinergitas, soliditas dan rasa kekeluargaan antara Tiga Pilar, sehingga nantinya dapat bermanfaat dalam setiap pelaksanaan tugas di wilayah Bojonggede. Kita terjunkan sebanyak 20 personil dalam olahraga ini,” jelas Ketut.


Lebih lanjut Kapolsek menjelaskan, tantangan dan intensitas tugas di wilayah Bojonggede dan Tajur Halang, memerlukan bentuk kerja sama dan kebersamaan dari setiap komponen Tiga Pilar yang ada di wilayah.“jadi, olahraga bersama semacam ini akan terus diadakan secara berkelanjutan dan untuk tempatpelaksanaannya akan digilir secara bergantian. Sebenarnya sudah sering kita lakukan, tetapi akan kita intensifkan lagi,"pungkas Ketut.

Camat Bojonggede memberikan apresiasi kepada Danramil atas usulannya menggelar olahraga dan senam bersama. Menurutnya, kegiatan seperti ini jangan hanya sekali wakut saja, tetapi bisa dibuat rutin menimal satu bulan sekali. Sehingga sinergitas dan kebersamaan antara tiga pilar benar-benar terwujud."Olaraga banyak bentuknya, bisa senam, futsal, volly dan lainnya. Tetapi pada intinya bisa terjalin silaturahmi antar kita. Saya sendiri masih belum banyak mengenal para babinsa di wilayah.
Kebersamaan jangan hanya didalam tugas saja, kita juga bisa berkeringat dalam olahraga bersama ini,"tegas Jajang.

Ia berharap, Kedepan kegiatan seperti ini akan terus dipertahankan dan dilakukan mengingat banyaknya manfaat positif yang diperoleh dan tentunya tidak hanya dengan wujud olah raga bersama tetapi dapat juga melalui kegiatan kerja bakti bersama dan patroli bersama.(wandi)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Deddy Djumhana | Suwandi Sikun
Copyright © 2011. Derap TNI & Polri - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Deddy Djumhana
Proudly powered by Denard Pro Templet