Pengendara Sepeda Motor Di Sawangan Banyak Tidak Memakai Helm

0 komentar

Kurangnya kesadaran para pengendara sepeda motor menggunakan helm di wilayah Kecamatan Sawangan dan Bojongsari, Depok masih sangat memprihatinkan. Terbukti masih banyak terlihat di Jalan Raya Parung-Ciputat  pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm, ada juga yang membawa Helm tapi tidak di pakai. Semua itu menunjukan bahwa kesadaran masyarakat khususnya pengendara sepeda motor untuk memakai helm masih sangat minim sekali.”Pengendara sepeda motor jalan di Jalan Raya Parung-Ciputat kurang tertib, hampir 50 persen pengendara tidak memakai helm,”kata Kanitlantas Polsek Sawangan, AKP Untung yang baru sepekan di mutasi menjadi Kanitlantas Sawangan,  Rabu (9/20).
Menurut dia,  kondisi ini menjadi tugas berat dirinya untuk segera menertibkan para pengendara sepeda motor agar sadar dan tidak menyepelekan penggunaan helm. Kebiasaan tidak memakai helm sangat menonjol, dan pengendara merasa tidak tersentuh pihak kepolisian. Mereka masih beranggapan bahwa memakai helm itu hanya peraturan saja, tidak sadar bahwa peraturan memakai helm itu dibuat untuk keamanan si pengendara sendiri bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.” Budaya tidak pakai helm dianggap biasa harus dihilangkan, dan ini menjadi prioritas saya untuk menertibkannya,”tegas Untung.
Selama ini, ujar Untung, pihaknya telah melakukan penertiban dengan cara menegur para pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm. Polisi belum melakukan penindakkan, hanya bersifat teguran saja. Namun bila pengendara tetap membandel, akan langsung ditindak.”Bagi pengendara sepeda motor yang kedapatan tidak memakai helm langsung disuruh pulang untuk mengambil helmnya. Kita larang untuk melanjutkan perjalanan.”terangnya.
Dikatakan Untung, penggunaan helm standar itu sangat bermanfaat untuk keselamatan pengendara kendaraan bermotor apabila terjadi kecelakaan. “Paling tidak helm itu dapat melindungi kepala dari benturan apabila terjadi kecelakaan.”tandasnya.(wandy)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Deddy Djumhana | Suwandi Sikun
Copyright © 2011. Derap TNI & Polri - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Deddy Djumhana
Proudly powered by Denard Pro Templet